Babon Bisa Ucapkan Huruf Vokal Mirip Manusia

  • Babon Bisa Ucapkan Huruf Vokal Mirip Manusia
  • Babon Bisa Ucapkan Huruf Vokal Mirip Manusia
Teknologi

PRANCIS Selama beberapa puluh tahun, para ilmuwan percaya bahwa primata tidak bisa memproduksi bunyi vowel (huruf vokal) yang merupakan dasar ujaran manusia. Hal itu karena anatomi vocal mereka yang tidak memungkinkan.

Namun kini, para peneliti melaporkan bahwa babon Guinea, kera yang menduduki Afrika Barat, mampu membuat suara yang sangat mirip dengan huruf vokal yang digunakan manusia. Penemuan tersebut mendukung penemuan sebelumnya yang menyebutkan kera Jepang memiliki kemampuan bicara karena anatominya. Bersama-sama mereka menunjukkan bahwa elemen paling dasar dalam bahasa ucap mulai berevolusi lebih awal dari yang diperkirakan, paling tidak 25 juta tahun lalu.

"Ini dengan sempurna melengkapi hasil kami sendiri," kata William Tecumseh Fitch, ahli biologi evolusi dan ilmuwan kognitif di University of Vienna dan penulis utama studi kera ini. "Tapi mereka sedang melihat apa yang sebenarnya babon lakukan," ia menambahkan.

Penemuan ini memberikan bukti tambahan bahwa para ilmuwan telah meremehkan fleksibilitas dari sistem vokal primata. Hal itu menjadi kegagalan pengertian penting dari laring kera.

Diperkirakan bahwa untuk mengucapkan vokal, Anda harus memiliki laring yang rendah seperti manusia, ucap Joel Fagot sebagai ahli primatologi di Aix-Marseille University, Prancis. Karena kera memiliki laring yang berada jauh di atas posisi laring manusia, para ilmuwan mengira tak mungkin kera bisa berbicara seperti manusia. Tanpa kemampuan tersebut, tidak mungkin pula mengajari kera berbicara.

Kendati demikian, fakta lain yang muncul menunjukkan bahwa bayi manusia yang memiliki laring sangat tinggi juga bisa mengucapkan vowel. Hal itu membuat bingung para Fagot dan memancing mereka untuk melakukan penelitian ini.




Warta Sejenis

memuat...

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!